Cheer Up, Friends! :)

"Nyontek" part 2
Tuesday, July 19 | 2 response(s)

 
Kita pasti tahu kalo perbuatan yang digemarin sama murid murid sekolah yaitu "Nyontek" itu termasuk ke perbuatan yang salah! Nah, meskipun udah tau itu perbuatan salah, tapi, beberapa murid masih aja gemar melakukan itu! Nah, kalo kalian bener bener bangga, coba deh lakuin hal ini!

Yang demen banget sama yang namanya nyontek sampe enggak bisa dijauhin, coba deh banggain salah satu sisi jelek ohokbagusohok kalian itu ke temen temen kalian, misalnya dengan ngucapin kata, "Eh, kalian tau enggak? aku kan suka nyontek!"  Terus, apa temen kalian itu bakal muji kalian? tentu enggaklah! kalo enggak disindir, dikatain, ato enggak dijauhin! (jangan salahin aku loh kalo kalian dijauhin )

Yah... bisa aja sih kalian enggak dijauhin dan tetep ditemenin. Mungkin, temen kalian ini sesama Nyontek Lovers kali.. Tapi mungkin juga dia itu anak baik yang enggak suka nyontek yang bakal selalu waspada sama lirikan (?) mata kalian! Kalo mereka enggak waspada dan malah ngasih contekan ke kalian, itu namanya bukan-nyonteker-tapi-sesat~!

Orang yang suka nyontek itu enggak sepenuhnya salah. Orang yang enggak suka nyontek tapi suka ngasih jawaban ke temennya juga salah! Orang yang suka nyontek itu salahnya sekitar 99% dan yang enggak suka nyontek tapi suka ngasih jawaban ke temennya salahnya 1%. Soalnya, tanpa adanya coretorang-baikcoret, orang yang suka nyontek pasti enggak bakal berdaya! Kan enggak ada yang ngasih jawaban ke dia, jadi lama kelamaan dia jadi jarang nyontek dan ninggalin profesi (?) nya itu dan jadi tentramlah sekolah kita dan kalian enggak usah takut akan enggak di temenin lagi!

Di sekolahku pun, ada satu anak (mungkin lebih, tapi aku enggak tau) yang pinter banget, tapi dia enggak suka ngasih jawaban. Terus? Dia normal dan dapet untungnya. Dia jadi enggak sering ditanya lagi dan dia pun enggak dimusuhin sama temen temennya. Mungkin, dia berpikir.. "Aku kan udah susah susah belajar , masa nanti nilainya sama ama yang enggak belajar?"

Kalo mungkin kalian dijauhin, jangan takut! Kan kalian enggak salah, tapi mereka yang salah!

Labels: ,


Stranger. Special. Stratch.