Cheer Up, Friends! :)

"Nyontek" part 3
Tuesday, July 19 | 2 response(s)

 
Kalo di "Part 2" kalian udah ngebanggain hobi jelek maksudku, ahem-hobi-kreatif-ahem kalian itu ke temen temen kalian, tahap selanjutnya 'ngakuin hal itu ke guru kalian!"

Takut? kenapa harus takut! Kan menurut kalian a.k.a nyonteker, nyontek itu bukan sesuatu yang buruk buruk banget, karena walaupun udah diperingatin guru, kalian tetep ngelakuin hal itu! Tapi, aku enggak tau loh kalo kalian bakal diapain sama guru kalian.

Kalo menurutku sih, mungkin guru kalian bakal ngelakuin:
1. Marah dan Ngenasehatin kalian panjang lebar
2. Ngediemin dan berlaku enggak peduli

Kalo misalnya gurumu ngelakuin hal yang pertama, menurutku sih itu hal yang wajar. Setiap guru kan pingin anak anak muridnya pinter. Siapa coba guru yang enggak mau anak muridnya pinter?

Kalo misalnya gurumu ngelakuin hal yang kedua, menurutku juga itu hal yang wajar. Mungkin, gurumu ini guru yang tipe "Kalo enggak diturutin enggak apa apa". Maksudnya, gurumu yang ini orangnya santai. Enggak suka ngomong berkali kali dan ngelakuin hal yang enggak ada gunanya. Kenapa bisa aku bilang enggak ada gunanya?

Karena, walaupun gurumu itu bilang "Jangan suka nyontek!" berkali kali sampe mulut tuh pegel, pasti banyak anak yang enggak nanggapin (Soalnya, biasanya anak yang suka nyontek itu yang punya hati kotor. Yang dikit dikit bersih cuma beberapa orang. Ato mungkin hatinya udah digadaiin ya? #eh).

Disekolahku, juga ada tipe guru yang ngelakuin hal yang kedua. Sebelum ulangannya dimulai, pasti dia bilang "Ingat, satu kali nyontek, sepuluh kebodohan," dan guruku ini enggak ngucapin kata kata ini lagi. Hanya di awal aja. Dan cuma beberapa nyonteker dikelasku yang ngerasa bersalah. Yang lainnya? Woles aja tuh :D.

Menurutku, nyontek itu ngebuat kita ngambil "stok-stok" dosa, diantaranya:
1. Ngebuat jengkel guru
2. Ngebuat temen kesel karena enggak ngerti perasaannya
3. Ngeboongin orang tua (Kalo orang tuanya gak tau)
4. Ngebuat kecewa orang tua (Kalo orang tua tau)

Terus, nyontek juga ngebuat diri sendiri payah. Kenapa bisa? Soalnya, kan kita jadi enggak mau berusaha mecahin soal yang sulit, dan kalo lama kelamaan 'bakat' itu terus berlanjut, kita jadi pemales dan payah!

Buat yang suka nyontek, pikirin deh baik baik...


Apa kalian masih mau nyontek?

NB: Kalo masih mau ngelanjutin nyontek, mungkin hati kalian udah digadaiin *eh* dan enggak bisa dirubah selama kalian enggak ada kemauan untuk berubah.

Labels: ,


Stranger. Special. Stratch.