Cheer Up, Friends! :)

Thousand Paper Cranes *Sadako Story*
Saturday, December 24 | 14 response(s)

Holaa, Minna! Udah pada tau kan 1000 burung bangau?? Yup! Salah satu seni melipat origami! Origami 1000 burung bangau ini mempunyai sejarah/legenda yang sangat menarik. Jika, kita simak, pasti kita akan ingin membuatnya.

Perlu kalian ketahui kalau seni melipat origami ini berasal dari jepang. Origami pun mempunyai arti tersendiri, yaitu kata ori yang berasal dari kata oru yang berarti melipat dan kata gami yang berasal dari kata kami yang berarti kertas. Jadi, Origami mempunyai arti melipat kertas.

Menurut pandangan orang jepang, burung bangau adalah makhluk suci yang bisa hidup ribuan tahun. Lalu, dikatakan juga burung ini hanya mempunyai satu pasangan seumur hidupnya.

Nah, dari situlah legenda Seni Melipat Origami 1000 Burung Bangau mulai muncul dan menjadi kepercayaan orang jepang.


Seni Melipat Origami 1000 burung bangau mempunyai pandangan tersendiri bagi orang jepang. Menurut mereka, 1000 burung bangau ini sebagai simbol kedamaian internasional. Pandangan ini muncul sejak seorang anak kecil bernama Sadako Sasaki yang mengidap penyakit Leukimia #kelebihan sel darah putih# membuat 1000 ekor burung bangau dari kertas origami dan dikatakan akan mengabulkan keinginannya, yaitu sembuh dari penyakitnya ini. Legenda ini ia dengar dari teman baiknya, Chizuko Hamamoto yang mengunjunginya kerumah sakit dan membawa burung bangau dari kertas emas.

Sayang, setelah membuat burung bangau yang ke 644, dia meninggal. Tepatnya tanggal 25 Oktober tahun 1955, diumurnya yang ke12. Teman-temannya mengumpulkan dana untuk membuat tugu Sadako Sasaki dan anak-anak lainnya yang meninggal pada saat pengeboman di Hiroshima. Pada tahun 1958, Dibuatlah tugu Sadako Sasaki yang sedang memegang burung bangau. Tugu ini dapat dilihat di Hiroshima Peace Memorial Park yang biasa disebut Genbaku Dome. Dibawah kaki Sadako, terdapat untaian kalimat indah, yang berisi:

"This is Our Cry. This is Our Prayer. Peace on Earth"
inilah jeritan kami. inilah doa kami. kedamaian dibumi

Penyakit yang diidap oleh Sadako ini adalah dampak dari pengeboman kota Hiroshima tanggal 6 Agustus tahun 1945 oleh Amerika. Ribuan jiwa tak bersalah meninggal karena pengeboman ini dan radiasinya menyebabkan penyebaran penyakit di Hiroshima, termasuk penyakit Sadako.

Akibat kisah ini, masyarakat Jepang mengirim origami burung bangau ke tugu ini dan pada tanggal 6 Agustus, masyarakat Jepang memperingatinya sebagai peace day atau Hari Kedamaian
--------------------------
Tetapi, jika ingin harapan terkabul, tentunya kita juga harus berusaha. Berusaha agar impian itu terkabul. Dan menurut saya, seni melipat origami 1000 burung bangau ini untuk menunjukkan kegigihan dan kesabaran si pembuatnya dan jika ingin berharap, kita kembali kepada kepercayaan masing-masing.


"Tunjukkan kegigihan dengan 1000 ekor burung bangau origami. Seribu bangau yang mempunyai seribu harapan. Harapan yang selalu ada dihati. Semoga hari esok semua dapat tersenyum bahagia"

sumber: Wikipedia

Labels: ,


Stranger. Special. Stratch.