Cheer Up, Friends! :)

What's the Meaning "Otaku"?
Saturday, May 19 | 32 response(s)

Kamikawa Natsumi - sketch | lineart

 -------
"kamu otaku?"
"iya, aku otaku. haha,"

Otaku, otaku, otaku.. Kata yang familiar banget didenger kan? Mungkin kalian pernah ngucapin kata ini. Tapi, kalian tau gak sih arti sebenernya dari 'otaku'?

Heem.. mungkin jawaban kalian sama kayak saya, yaitu orang yang super addict sama Animanga. Yahh.. ga salah juga sih, karena sebagian orang di luar jepang memang beranggapan artinya kaya gitu. Tapi, pengertian masyarakat Jepang tentang otaku yaitu:
Orang yang menekuni hobi-nya *bukan hanya 'animanga' aja* secara mendalam-sangat mendalam, bahkan melebihi 'maniak'.
Otaku ini katanya kurang bisa-ato mungkin ga tertarik-bersosialisasi dan lebih senang mengurung diri dirumah sambil menjalani hobi-nya. Ditambah lagi, mereka terkadang lebih over kepada dunia fantasi/fiksi dibanding dengan dunia real. Makanya, ga heran kalo otaku jepang itu dianggap punya kebiasaan  freak yang ga dimengerti dan akhirnya dijauhi sama masyarakat sekitarnya.

Otaku memiliki pengertian yang hampir mirip dengan Hikikomori. Hikikomori adalah orang yang menutup dirinya dari masyarakat sekitar, ato mungkin bisa disebut 'penyendiri'. Hikikomori biasanya memiliki sedikit teman didunia nyata, dan banyak teman di dunia maya. Orang yang memiliki sifat ini biasanya juga merupakan otaku.

Lalu, ada satu istilah lagi, yaitu Nijikon. Nijikon ini sifatnya lebih parah dibandingkan otaku. Jika otaku hanya suka/penggemar dari hobi-hobi yang ditekuninya, Nijikon ini cinta dengan salah satu unsur dari hobi-hobinya, misalnya karakter game. Dan parahnya lagi, Nijikon ini bisa aja loh menikah sama karakter game! W-Wow..? OAO"

Ok, look in Indonesian!
Kalo di Indonesia, kayaknya gampang juga yah dapet julukan otaku.. Suka sama 'animanga' aja udah bisa di cap kayak gitu. Tapi karena otaku versi Indonesia ini emang ga terlalu se-addict di Jepang, makanya otaku di Indonesia ga dibilang freak dan masih bersosialisasi. Mungkin, harusnya dibilang Animanga Lovers yah xD.
-------
Heem.. segitu aja mungkin kali ya? O ya, kalo ada yang salah, kritik, dan saran silakan di comment yaa ^O^.

Labels: , , ,


Stranger. Special. Stratch.